Menu

Kategori

Apa Itu SKD? Wajib Ketahui Sebelum Mendaftar CASN

Redaksi Bimbel Akses • Kamis, 18 Januari 2024

Apa Itu SKD? Wajib Ketahui Sebelum Mendaftar CASN

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah salah satu syarat tes dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), baik Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Lalu apa itu SKD CPNS?


Melansir dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), untuk dapat lolos ke tahap selanjutnya para peserta CPNS harus melalui tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tes ini berisikan soal-soal yang mencakup pengetahuan dasar peserta.




Pengertian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)


SKD adalah singkatan dari Seleksi Kompetensi Dasar yang dilakukan Pemerintah pada seleksi CPNS dan PPPK. SKD adalah ujian pertama yang harus dilalui oleh peserta seleksi CPNS yang dilakukan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi peserta dengan standar kompetensi dasar PNS atau Pegawai Negeri Sipil.


Secara sederhana, SKD adalah salah satu perangkat tes bagian pertama yang harus dilalui peserta ujian CPNS, BUMN atau Swasta setelah lulus seleksi administrasi. SKD adalah seleksi tahap awal CPNS yang berisi soal-soal pengetahuan dasar, seperti Matematika dasar, Bahasa Indonesia, sinonim, antonim, hal-hal tentang kebangsaan, dan kepribadian diri. Seleksi dilakukan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).


Salah satu syarat untuk bisa lolos SKD adalah dapat memenuhi passing grade atau nilai ambang batas yang telah ditentukan oleh Kemenpan RB. Tahap seleksi ini menjadi penentu lolos tidaknya peserta ke tahap seleksi berikutnya.


Materi soal-sola dalam tahap SKD adalah meliputi Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK, Tes Intelegensia Umum atau TIU, dan Tes Karakteristik Pribadi atau TKP. Berdasarkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 1023 Tahun 2021, soal SKD dilaksanakan selama 100 menit, kecuali bagi penyandang disabilitas sensorik netra yang diberikan waktu 130 menit. Dengan waktu terbatas ini, peserta harus mampu menyelesaikan soal-soal yang telah disediakan.


Jenis Materi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)


Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara atau BKN Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, terdapat beberapa materi seleksi kompetensi dasar, yakni:


1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)


Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia, yakni:


  • Pancasila,

  • Undang Undang Dasar 1945,

  • Bhinneka Tunggal Ika,

  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).


2. Tes Intelejensi Umum (TIU)


Tes Intelejensi Umum atau TIU merupakan tes untuk meningkatkan intelegensi dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis. Dengan tujuan untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal ini kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis. Berikut penjelasannya:


  • Kemampuan verbal, yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis.

  • Kemampuan numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

  • Kemampuan berpikir logis, yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.

  • Kemampuan berpikir analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.


3. Tes Karakteristik Pribadi atau TKP


Tes Karakteristik Pribadi atau TKP merupakan tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi. Tujuan dari soal TKP adalah menilai kompetensi pelamar yang terkait hal-hal yang disebutkan di bawah ini:


  • Integritas diri;

  • Semangat berprestasi;

  • Kreativitas dan inovasi;

  • Orientasi pada layanan;

  • Orientasi kepada orang lain;

  • Kemampuan beradaptasi;

  • Kemampuan mengendalikan diri;

  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;

  • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;

  • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan 

  • Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.


Passing Grade


Setiap peserta tes harus bisa meraih nilai pencapaian passing grade yang telah ditentukan untuk bisa lulus dalam seleksi SKD ini. Jika mengacu pelaksanaan tes CPNS berdasarkan Permenpan RB Nomor 29 Tahun 2014, maka pelaksanaan tes CPNS akan menggunakan Sistem CAT CPNS dengan lama waktu pengerjaan selama 90 menit dan jumlah soal sebanyak 100 soal.


Nilai kelulusan CPNS sendiri akan ditentukan berdasarkan passing grade. Passing Grade Tes Karakteristik Pribadi adalah 126 atau 72% dari nilai maksimal TKP. Passing Grade Tes Intelegensi Umum adalah 75 atau 50% dari nilai maksimal TIU. Passing Grade Tes Wawasan Kebangsaan adalah 70 atau 40% dari nilai maksimal TWK.


Setelah lulus Tes Kompetensi Dasar atau SKD, pelamar yang lolos passing grade akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar tersebut berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB. SKB adalah tes yang bertujuan menguji wawasan peserta CPNS seputar bidang yang akan digeluti.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersiap dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas bimbel akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses.