Menu

Kategori

Fakta-fakta Seputar Pendaftaran CASN 2024, Dijamin Tidak Ada ‘Orang Dalam’

Redaksi Bimbel Akses • Sabtu, 20 Januari 2024

Fakta-fakta Seputar Pendaftaran CASN 2024, Dijamin Tidak Ada ‘Orang Dalam’

Pada penerimaan ASN tahun 2023 ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaporkan ada sebanyak 554.421 peserta yang gugur atau tidak lolos pada seleksi berkas.


Pelamar ASN yang telah lolos seleksi berkas hingga bisa mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk formasi CPNS ada sebanyak 725.589 orang dan untuk formasi PPPK sebanyak 1.128.028 pelamar.


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan tahun 2024 nanti pendaftaran ASN akan dibuka banyak untuk formasi fresh graduate atau lulusan baru. Dia juga memastikan proses seleksi transparan dan bersih dari orang dalam. Berikut fakta-faktanya.





Formasi untuk Talenta Digital hingga Pariwisata


KemenPANRB menghitung jumlah kebutuhan ASN untuk 2024 mencapai 1,3 juta. Azwar Anas belum menghitung berapa persentase khusus untuk para lulusan baru, tapi dia memastikan formasi yang dibuka lebih banyak dari 2023.


Contoh sektor yang akan membuka seleksi CPNS untuk lulusan baru adalah di sektor pariwisata. Kata dia, ada 5 destinasi pariwisata prioritas di Indonesia yang masih memerlukan tambahan SDM.


"Begitu juga cyber security, selama ini kita ngomong digital tapi pengamanan datanya tidak diurus. Maka penambahan untuk pengamanan data di BSSN yang anak-anak sekolah di cyber security, ke depan akan kita tampung, masukan di sini," kata Azwar.


Proses Seleksi Bersih dari Orang Dalam


Azwar Anas menegaskan tidak ada praktik 'orang dalam' selama proses penerimaan ASN. Bahkan dia mencontohkan beberapa anak tokoh di Indonesia yang gagal menjadi saat pendaftaran.


"Putranya Pak Kepala BKN saja, tiga kali tes nggak lolos. Bahkan putrinya Bapak Presiden Jokowi juga tes, tidak lolos. Artinya, percaya lah kepada apa yang Anda kerjakan, jangan percaya kepada orang lain," tegas dia.


Pemerintah menginginkan birokrasi kelas dunia, untuk itu Azwar Anas menegaskan seleksi ASN ini dilakukan transparan dan terbuka.


"Saya kira dipastikan tidak ada istilah 'orang dalam' di dalam proses seleksi ini," tegasnya.


554.421 Peserta Gagal Seleksi Berkas


Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaporkan ada sebanyak 554.421 peserta yang gugur atau tidak lolos pada seleksi berkas pendaftaran ASN tahun 2023 ini.


Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto merinci jumlah pendaftar yang sudah membuat akun namun belum menyelesaikan proses submit pemberkasan sebetulnya mencapai 2.944.856 orang, tapi peserta yang menyelesaikan input dokumen hingga lolos seleksi administrasi hanya 1.853.617 pelamar.


Pelamar ASN yang telah lolos seleksi berkas hingga bisa mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) per hari ini, Kamis (9/11), untuk formasi CPNS ada 725.589 orang dan untuk formasi PPPK sebanyak 1.128.028 pelamar.


"Formasi PPPK untuk guru 426.776, nakes 328.219, untuk teknis 373.033 orang. Sementara dari jumlah pelamar yang tidak memenuhi syarat 555.421 orang," kata Haryomo di Kantor BKN, Kamis (9/11)